Jumat, 16 Oktober 2015

Menanam Licorice atau akar manis




Licorice atau di indonesia dikenal dengan nama akar manis termasuk tanaman tahunan berbentuk terna dan dapat tumbuh sampai satu meter dengan daun yang tumbuh seperti sayap (pinnate) yang panjangnya 7 sampai 15 cm. Daun-daunnya dapat berjumlah 9-17 helai dalam satu cabang.
Bunga akar manis tersusun secara inflorescens (berkelompok dalam satu cabang),warnanya berkisar dari keunguan sampai putih kebiru-biruan serta berukuran panjang 0,8-1,2 cm. buah akar manis berpolong dan berbentuk panjang sekitar 2-3 cm, dan mengandung biji.

Dulu, ekstrak akar manis adalah makanan raja di Mesir dan dianggap sebagai obat untuk panjang umur. Sampai saat ini, beragam khasiat ekstrak akar manis telah dimanfaatkan banyak orang di seluruh penjuru dunia. Yang paling gampang, lihat saja kemasan obat batuk anda. Biasanya, ekstrak akar manis atau licorice digunakan sebagai ekspektoran alami dalam obat batuk.


Ekstrak akar manis didapat dengan cara merebus akar tanamannya dan menguapkan airnya, dapat dijual dalam bentuk bubuk ataupun sirup (cair). Zat yang terkandung di dalamnya adalah glycyrrhizin, yang sangat manis, 50 kali lebih manis daripada gula dan memiliki khasiat pengobatan. Spesies G.uralensis adalah jenis akar manis yang paling banyak mengandung zat ini.

Dari akar tanaman ini, anda dapat membuat sendiri teh akar manis yang sedap, atau biarkan anak anda memakan langsung akarnya sebagai pengganti permen.






Ada hal yang perlu anda ketahui juga, jika walaupun memiliki efek obat , konsumsi Licorice dengan takaran yang terlalu besar dan pemakaian terlalu lama dapat mengakibatkan hipoklamia.

Manfaat Akar Manis :
  1. Anti kolestrol,
  2. Bronkhitis.
  3. Batuk.
  4. Mulas
  5. Tukak lambung



RAMUAN DAN TAKARAN
Batuk
Ramuan :
  • Akar Manis     1,5 gram
  • Rimpang           8 gram
  • Daun Sirih        3  lembar
  • Air                 130 ml
Cara pembuatan : Dibuat infus.
Cara pemakaian : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore sebelum makan, tiap kali minum 100 ml.
Lama pengobatan : Diulang sampai sembuh.

Tukak Lambung
Ramuan :
  • Akar Manis            3 gram
  • Rimpang Kunyit     4 gram
  • Air                      130 ml
Cara pembuatan : Dibuat infus atau diseduh.
Cara pemakaian : Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore. Tiap kali minum 100 ml.

Lama pengobatan : Diulang selama 14 hari. Bagi penderita yang tidak tahan panasnya kunyit, ramuan dapat ditambah air hingga encer, diendapkan dahulu kemudian diminum.

Jika anda ingin mencoba menanam sendiri akar manis di kebun tanaman obat keluarga anda, cobalah menyediakan sedikit lahan dengan tanah berbatu. Kondisi tanah ini menurut motherearthnews.com adalah yang paling sesuai untuk menumbuhkan tanaman akar manis atau yang disebut juga Glycyrrhiza.

Pastikan tanaman mendapat cukup air, sinar matahari, dan pupuk agar dapat terus tumbuh sepanjang tahun hingga mencapai ketinggian 1,2 hingga 1,5 meter. Jika tanaman anda tumbuh baik, di musim kemarau anda akan melihat bunga-bunganya yang berwarna ungu muda atau kuning bermekaran. 


Untuk menanam bibit dari biji, langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. siapkan pot grower atau pot tanah liat dengan ukuran diameter 10cm
2. isi bagian bawah pot dengan sedikit potongan styrofoam
3. isi pot dengan campuran tanah kompos dan sekam bakar. tanah kompos yang digunakan sebaiknya mengandung banyak cacahan daun atau pakis
4. lembabkan dengan air
5. taburkan bibit di atas tanah, lalu taburkan tipis-tipis tanah kompos di atasnya
6. selalu jaga kelembaban dengan membasahi dengan water spray, jangan diguyur
7. letakkan di tempat yang kena sinar matahari dan beraerasi baik
8. jangan diletakkan di tempat yang kering dan panas dan terguyur air hujan
9. setelah biji-biji tumbuh besar dan cukup kuat untuk dipindahkan, pindahkan ke pot yang lebih besar atau di tanam di tanah di tempat yang cocok untuk pertumbuhannya

Saya juga menyediakan biji licorice, silahkan kontak saya di:

Kekok Craft (Garrit Wirasmi Noeralim)

Telefon/ sms : 0896-6566-4116 (three) , 0822-4337-3339 (telkomsel)

Whatsapp: 089665664116
Pin BBM  : 74A74FC5
FB: kekokcraft

2 komentar:

  1. berapa harga biji licorice nya? kalau kirim ke malang, jawa timur berapa ?

    BalasHapus