Minggu, 02 November 2014

PEMBERSIH RAMBUT DENGAN BAHAN ALAMI



Berawal dari jenis kulit kepala yg berketombe dan rambut yg kering dan rusak. Tak peduli shampoo apa, kondisioner dan berbagai perawatan tetap saja masalah tidak berubah, malah rambut makin kering dan ketombe menjadi-jadi.

Sudah berjalan 3 bulan sejak terakhir kali saya memakai shampoo yg ada di pasaran. Saya memutuskan untuk memakai pembersih rambut dari alam.. dan sesedikit mungkin memakai bahan kimia untuk perawatan badan saya. Berawal dari perawatan rambut, kemudian bergeser sampai ke seluruh tubuh...

Resep yg saya pakai mudah saja.. ada beberapa yg saya pakai... bergantian. .. biar tidak bosan..

Resep 1 :

 2 sdm baking soda
 1 cup air
               
 2 sdm cuka (lebih bagus apple cinder vinegar)
 1 liter air

caranya baking soda di campurkan dengan air. Aduk sampai larut. siapkan juga larutan cuka dengan cara melarutkan cuka dengan air. Ini nantinya dipakai sebagai pembilas, menetralkan ph rambut dan melembutkan rambut. Jangan takut bau cuka karena aroma cuka akan hilang setelah kering.

Gunakan larutan baking soda untuk membasahi rambut, terutama di akar rambut. lalu pijat pijat kulit kepala agar kotoran larut.diamkan sebentar ( 10 menitan ) lalu bilas pakai air sampai bersih.

Terakhir basahi rambut dengan larutan cuka. Biarkan sampai rambut yang tadinya terasa kasar jadi lembut. Bilas sampai bersih.

Disini saya kadang mengganti cuka dengan jeruk nipis, tapi perlu dipertimbangkan juga karena residu jeruk nipis akan memberi efek mecerahkan warna rambut. rambut hitam bisa terlihat kemerahaan.

Resep 2 :  

 buah alpukat
 2 sdm baking soda

caranya alpukat di blender bersama baking soda. Saring, lalu oleskan di rambut yang sudah dibasahi. pakai air hangat lebih baik karena akan membuka kutikula rambut yang mempermudah penyerapan nutrisi. pijat kulit kepala dengan lembut, biarkan sebentar ( 10 menitan ) lalu bilas dengan air dingin sampai benar benar bersia.

Alpukat akan memberikan kelembaban pada rambut, jadi bagus untuk rambut rusak.


Resep 3 : 

 1 buah jeruk nipis
 1 sdm madu  (bisa ditambah bila rambut panjang )
 1/2 cup air

caranya. jeruk nipis diambil airnya, campurkan dengan madu dan air. gunakan pada kulit kepala yang dibasahi ( air hangat lebih baik)  lalu pijat pijat kulit kepala anda. Biarkan sebentar agar khasiat madu meresap ( 10 menit ) lalu bilas dengan air dingin.


Resep 4:

 beberapa lembar daun waru atau daun bunga sepatu              
air secukupnya untuk pelarut.

Caranya daun waru diremas-remas atau di tumbuk. beri air sampai terasa berlendir. saring lalu dipakai untuk mencuci rambut seperti biasa.

cara ini bagus untuk yang mengalami kerontokan rambut karena merangsang pertumbuhan rambut baru di kulit kepala menggantikan yang rontok.



Demikian sharing dari saya, dan sudah terbukti sekarang kepala saya sudah bersih dari ketombe. memang tidak berbusa tapi ini lebih baik daripada membiarkan rambut dan kulit kepala makin rusak karena kontak dengan detergen juga residu silikon pada shampoo. Sebagai catatan mencuci rambut jangan terlalu sering, cukup seminggu 2 kali saja. Kalau tidak tahan dengan kesan lepek pada saat transisi ke natural (pasti lepek 1-3 bulan) bisa mencuci bila dirasa perlu, lalu perlahan kurangi frekwensi mencuci rambutnya.

rambut memang terasa lepek pada saat transisi karena kulit kepala yang tadinya terbiasa kena detergen dan cencerung memproduksi minyak alami rambut dengan berlebihan akan menyesuaikan kembali ke kondisi alaminya. seiring dengan waktu hasilnya rambut pasti menjadi lebih baik.


print this page Print halaman ini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar