Jumat, 30 Oktober 2015

Venus Tly Trap, tanaman yang unik



Tumbuhan insektivora Venus (Venus flytrap) adalah tanaman karnivora yang berasal dari rawa-rawa di Carolinas. Tanaman misterius yang hidup dari memakan laba-laba dan serangga, yang dia jebak di antara sepasang daun berwarna seperti mawar. Tumbuhan ini bisa tumbuh baik di lingkungan rumah bila terpapar oleh sinar matahari dan kelembapan.
Hal yang anda harus pahami tentang perawatan Venus Fly Trap (VPT) ada beberapa poin yang penting, karena ini berhubungan dengan daya hidup VPT.

1. Media tanam 

Media tanam yang digunakan adalah 100% Spagnum Moss ataupun Peat Moss atau biasa disebut Moss saja,dapat juga diganti dengan 50% cocopeat + 50% sekam bakar. Anda dapat memilih Moss yang sudah dihaluskan ataupun yang masih utuh. Fungsinya adalah menjaga kelembaban, dan bukannya memberi nutrisi atau mineral. VFT sendiri sangat membenci adanya mineral di media tanam dan sangat suka kelembapan.


2. Air

Banyak hobilis baru VFT yang sembarangan menyiram tanaman yang satu ini, alhasil VFT merekapun ada yang mengalami masalah dan yang paling parah adalah kematian. Air yang paling baik untuk VFT adalah air hujan, Aquades (air suling yang biasa digunakan sebagai pelarut dalam reaksi kimia, bisa beli di toko kimia). Air lain yang dapat di gunakan adalah air tetesan AC, air accu tutub biru, air kemasan , dan air RO.

3. Sinar Matahari


VFT sangat suka dengan sinar matahari, tapi untuk tanaman VFT yang masih kecil dan tanaman yang baru anda beli saya sarankan untuk meletakannya di tempat yang redup, hal ini bertujuan untuk membuat VFT beradaptasi. Setelah VFT dapat beradaptasi dengan baik anda dapat menjemurnya sekitar 6-8 jam sehari tapi yang paling penting adalah media tanam harus tetap lembab atau VFT anda akan menjadi daun kering. Untuk menjaga kelembapan, gunakan tatakan air di bawah pot rendam pot sekitar 1/4-1/3 tinggi pot.
4. Memberi makan VFT 
Sangat di sarankan memberi makan VFT menggunakan serangga yang berkulit tidak keras seperti capung,lalat,nyamuk. Jangan sekali-kali anda memberikan daging merah seperti daging ayam,sapi,kornet hal ini akan membuat trap membusuk.
5. Penyakit VPT
Bercak2 hitam, busuk mendadak
VFT nya 90% kemungkinan kena jamur. Solusinya : cabut semua tumbuhan dalam pot yg sama, potong bagian yg menghitam / busuk. Bersihkan dengan air bersih (lihat keterangan tentang air), lalu rendam dengan larutan fungisida yg sudah dilarutkan sesuai takaran selama lima menit. Kemudian bersihkan dengan air bersih mengalir hingga bersih. Tanam kembali dengan media yg baru.
Daun memanjang, trap mengecil

Medianya padat, itu ciri2 VFT minta ganti media, bukan karena pengaruh sinar matahari. Caranya vft dikeluarkan dari media, lalu media tsb digemburkan kembali / diaduk2 supaya sirkulasi udara kembali baik. Tanam kembali.

Trapnya busuk
Salah makan, biasanya makanan yg gak sesuai dengan VFT (lihat keterangan tentang makanan), salah satu bulu trapnya terjepit lalu dicerna, kena jamur , dan sudah waktunya regenerasi trap.

Daun layu

kemungkinan mengering/layunya vft gr2 medianya telat lembab..
jadi udah terlanjur kering..baru disiram..



Merawat Venus Flytrap

Perawatan VFT
1. Rendam Pot tingginya sekitar ukuran pot
2. Air yang digunakan harus bebas mineral atau mineralnya sedikit. Air Rendaman bisa : Air AC, air RO, air hujan, atau air mineral merk Vit(sudah terbukti)
3. VFT suka akan Matahari. Tetapi untuk tanaman yang baru datang penyinaran harus bertahap
4. dan bila sedang dilakukan penyinaran harus ada air rendaman, media jangan sampai kering
5. Kalau saya sendiri untuk vft yang penting mataharinya terang aja. Dan saya letakkan tidak di matahari langsung. Karena ada beberapa jenis yang kurang kuat dipaparkan matahari langsung sehingga gosong. Itu mungkin karena matahari ditempat saya terlalu terik. Dan juga kelembapan hilang.
6. Media VFT dan drosera adalah peatmoss atau spagnum moss, peatmoss bisa dibeli di ace hardware dan kalau spagnum moss (lumut mati) bisa dicari di toko yang jual anggrek

LARANGAN UNTUK VFT
1. Jangan dipupuk apapun baik pupuk buatan atau pupuk alami
2. Jangan pakai air dengan mineral tinggi
3. Jangan dimainin trapnya dan jangan disiram dari atas !!!

Cara menanam VFT dapat anda baca pada link cara menanam VFT


Saya juga menyediakan biji VFT, silahkan kontak saya di:

Kekok Craft (Garrit Wirasmi Noeralim)

Telefon/ sms : 0896-6566-4116 (three) , 0822-4337-3339 (telkomsel)

Whatsapp: 089665664116
Pin BBM  : 74A74FC5
FB: kekokcraft 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar